SOROAKO - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA hari pertama sampai hari terakhir di SMA YPS Soroako berjalan dengan lancar walaupun ada kendala pada server jaringan di hari Rabu. Semua peserta pun hadir mengikuti ujian sesuai dengan sesi masing-masing
 
Hal ini diungkapkan Pak Lukman saat ditemui di kantor pada Jumat, 12 April 2018. Pelaksanaan UNBK SMA ini berlangsung hingga 12 April lalu dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.             
 
"Sebelum hari H UNBK, siswa-siswi SMA YPS sangat antusias belajar dan berinisitif untuk membuat kelompok-kelompok empat mata pelajaran di grup Whatsapp. Di dalamnya terdapat para siswa dan guru bidang studi,"ujar Pak Lukman
 
Sebelum menghadapi UNBK, siswa-siswi mengikuti bimbel di sekolah setiap hari Sabtu, simulasi UNBK sebanyak 3 kali, pembahasan soal-soal, dan try out untuk mempermantap persiapan menghadapi soal-soal yang sulit. 
 
"Saat ujian, soal Matematika agak rumit,"ujar MR sebagai peserta UNBK.
 
Pak Andi Lukman sebagai Wakasek Bagian Kurikulum berharap agar jumlah komputer dapat ditambah untuk mengefektifkan waktu ujian, cukup dua sesi saja, dan hasil UNBK meningkat dari tahun ke tahun.