Sorowako, 21 Agustus 2018. Jabatan ketua OSIS dan wakil Ketua OSIS merupakan jabatan yang banyak dicita-citakan oleh siswa SMA tidak terkecuali di SMA YPS Soroako. Selain merupakan ajang mengasah skil kepemimpinan dalam berorganisasi, jabatan ini juga membuka peluang untuk bisa diterima di beberapa perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia melalui jalur Ketua OSIS.

 

Sebagai sebuah lembaga/organisasi yang telah mengakhiri masa kepengurusan periode 2017/2018, OSIS SMA YPS Soroako kembali menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2018/2019. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dilakukan dalam 3 tahapan yakni tahapan pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua, tahapan debat kandidat dan tahapan terkahir adalah tahapan pemungutan suara. 

 

Sampai batas akhir pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS yang telah ditetapkan oleh KPU OSIS yakni tanggal 10 Agustus 2018, terdaftar tiga pasang balon (bakal calon) yang telah mendaftarkan diri dan telah memenuhi persyaratan dari KPU OSIS. Ketiga pasang balon tersebut adalah :

 

Nomor Urut 1 : 

Evan Farelio Pantilen 
Regina Alicia Susan Dumais

 

Nomor Urut 2 : 

Muh. Furqan Alfarizky
Muhammad Afghan Nigara

 

Nomor Urut 3 :

Kevin Jatan 
I Gusti L. Andy Indrawan

 

Ketiga pasang calon tersebut, kemarin tanggal 20 Agustus telah melalui tahapan debat kandidat yang dilakukan di hall SMA YPS Soroako. Dalam kegiatan tersebut ketiga pasang calon memaparkan visi dan misi serta program kerja yang mereka tawarkan kepada para calon pemilih. Setiap pasangan juga diberikan kesempatan untuk  saling menanyakan/menyanggah visi dan misi serta program kerja paslon lainnya. Kegiatan dihadiri oleh seluruh siswa dan guru SMA YPS Soroako. 

 

Hari ini, tanggal 21 Agustus, berlangsung proses pemungutan suara yang dilakukan di panggung SMA YPS Soroako yang telah didesain menyerupai TPS selayaknya dalam pilkada maupun pilpres sebelumnya. KPU OSIS menyediakan 5 bilik suara, 2 kotak suara dan satu meja khusus untuk penanda tinta berwarna biru tua/ungu. Pemilihan dilakukan dalam 3 sesi yakni sesi pertama untuk kelas X, sesi ke dua untuk kelas XI dan sesi ke tiga untuk kelas XII. Pengitungan suara akan dilakukan siang ini pada pukul 13.00 WITA tepat seusai jam pemungutan suara ditutup oleh KPU OSIS.

 

Menurut Bapak Gunawan Pribadi selaku ketua tim pembina OSIS SMA YPS Soroako periode 2017/2018, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini kelihatannya lebih semarak dan seluruh siswa antusias untuk saling memberikan dukungan kepada paslon-paslon yang telah ditetapkan oleh KPU OSIS. Kampanye-kampanye dilakukan dengan menyebar poster dan brosur-brosur termasuk melalui media sosial. Ini memang luar biasa dan bahkan mereka melibatkan alumni-alumni untuk memberikan testimoni kepada paslon-paslon dalam bentuk video. 

 

Sedangkan Bapak Mahmuddin selaku kepala SMA YPS Soroako merasa sangat berbangga dan terharu melihat antusias siswa SMA YPS Soroako dalam melakukan pesta demokrasi. " Mereka luar biasa, mereka kelak akan menjadi pemimpim-pemimpin bangsa". Selain sebagai ajang melatih diri dalam kepemimpinan, hal ini memang merupakan salah satu bentuk pembinaan pendidikan karakter kepada siswa. Karena pemimpin yang baik adlaah pemimpin yang memiliki karakter yang mumpuni untuk dijadikan teladan bagi warga sekolah.

 

Selamat berpesta demokrasi SMA YPS Soroako, semoga OSIS SMA YPS Soroako selalu memberikan yang terbaik bagi organisasi dan sekolah.

 

Penulis : A.L

Foto : A.L