Sorowako, 30 Agustus 2018. Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Pajak (KP2KP) Malili hari ini berkunjung ke SMA YPS Soroako dalam rangka program “Tax Goes To School”. Program Tax Goes To School ini merupakan program penyuluhan dan sosialisasi pajak kepada generasi pelajar mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA.

 

Pelaksanaan Tax Goes To School di SMA YPS Soroako dilaksanakan di Hall SMA YPS Soroako pada pukul 13.00 s.d 15.00 WITA. Kegiatan diikuti oleh lebih dari 60 orang siswa kelas XI IIS dan kelas XII IPA. Selain diikuti oleh siswa, kegiatan juga diikuti oleh beberapa orang guru yang sengaja meluangkan waktunya untuk mendapatkan informasi tentang pajak. Siswa yang mengikuti kegiatan merupakan siswa yang pada jam tersebut terjadwal belajar ekonomi untuk kelas XI dan XII. Hal ini sengaja dilakukan agar siswa secara langsung dapat penjelasan tentang perpajakan langsung dari ahlinya.

 

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMA YPS Soroako bidang kurikulum, Bapak Andi Lukman AM, kegiatan ini sebenarnya sudah lama masuk dalam planning program kerja bagian kurikulum namun karena timing yang diberikan oleh pihak KP2KP Malili selalu berbenturan dengan program sekolah lainnya maka kegiatan selalu direschedule ulang dan baru pada hari ini dapat dilaksanakan. “ Kegiatan ini memang sengaja kami atur bertepatan dengan jam belajar ekonomi pada kelas XI dan XII agar program sosialisasi sejalan dengan materi perpajakan yang memang tercantum dalam kurikulum mata pelajaran ekonomi”. tambah beliau disela-sela acara pembukaan kegiatan.

 

Sedangkan menurut Bapak Samuel Nugroho selaku kepala KP2KP Malili, program Tax Goes To School menyasar siswa usia SMA sebagai calob Wajib Pajak masa depan untuk menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini sehingga di masa 5 atau 10 tahun ke depan saat mereka sudah menjadi W ajib Pajak mereka dapat melaksanakan  kewajiban perpajakan mereka sebagai bentuk kepedulia nterhadap  bangsa dan negara . Jadi memberikan bekal sejak dini tentang dunia perpajakan dan manfaat pajak adalah hal yang sangat penting.

 

Lain pula yang disampaikan oleh Ibu Ahid Iswati selaku pengampuh mata pelajaran ekonomi kelas XII, “saat saya mendengar akan ada sosialisasi dari KP2KP Malili, memang saya sudah merequest kepada wakasek kurikulum agar pelaksanaan kegiatan bertepatan dengan jam pelajaran ekonomi”. Hal ini menurut beliau sangat penting karena akan beda situasinya jika yang membawakan materi pajak adalah orang-orang yang ahli di bidangnya, apalagi materi pajak memang dipelajari dalam mata pelajaran ekonomi.

 

Peserta Tax Goes To School di SMA YPS Soroako sangat antusias mengikut seluruh rangkaian kegiatan. Selain mendapatkan paket snack box, peserta juga mendapatkan block note, pencil dan berbagai souvenir lainnya. Paket sosialisasi dikemas dalam bentuk pemaparan materi dan kegiatan games yang menambah semangat dan keseruan kegiatan.

 

Berita : A.L

Foto : Ahid Iswati