Sorowako, 31 Agustus 2018. Suasana haru biru pagi ini terdengar mengisi seluruh ruangan Hall SMA YPS Soroako. Mengapa tidak, hari ini merupakan hari terakhir Ayahanda H. Ardias Barah membaktikan diri di SMA YPS Soroako setelah 26 tahun lamanya kekecimpung dalam dunia pendidikan. Ayahanda H. Ardias Barah tertanggal 31 Agustus 2018 akan memasuki masa purnabakti di Yayasan Pendidikan Sorowako khususnya di SMA YPS Soroako.

 

Guru sekaligus pemuka agama di wilayah Luwu Timur ini, terlihat menyimpan rasa haru yang teramat dalam. Terlihat dari raut wajah yang sesekali meneteskan air mata disela-sela acara yang dikemas khusus oeh OSIS SMA YPS Soroako. Dengan mengenakan baju kokoh dan berjas abu-abu tua, ayahanda Ardias Barah menyampaikan beberapa nasehat sekaligus motivasi kepada seluruh siswa SMA YPS Soroako. Beliau berpesan bahwa tidak ada kehidupan tanpa tantangan sehingga apapun masalah dan tantangan yang dihadapi harus disikapi dengan bijak dan positif. Selain itu beliau juga mengingatkan kepada seluruh siswa agar selalu bersyukur terhadap apapun bentuk nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang maha esa dan agar siswa SMA YPS Soroako selalu memberikan manfaat kepada lingkungan sekitarnya.

 

“Entah apa yang harus saya ucapkan, ini bukanlah perpisahan dan saya belum menemukan istilah apa yang pantas untuk diberikan untuk kegiatan yang saat ini sedang berlangsung. Namun satu hal yang selalu pasti tetap akan ada dalam diri saya adalah selalu ada energi positif yang tercermin dari setiap senyum dan tawa kalian selama saya menjadi guru di sekolah ini”. tambah beliau sambil sesekali mengusap air mata yang menetes.

 

Acara silaturahmi bersama seluruh siswa SMA YPS Soroako berlangsung dengan suasana haru dengan iringan lagu-lagu yang menambah hening suasana hall SMA YPS Soroako. Setiap kelas secara bergantian diundang ke depan untuk memberikan kenang-kenangan sebagai bentuk ucapan terima kasih atas segala jasa yang telah beliau berikan selama ini. Tangis haru pun berbaur ketika siswa secara bergantian menyalami dan mencium tangan beliau sebagai bentuk patuhnya seorang siswa kepada seorang guru layaknya seorang anak kepada ornag tuanya.

 

Acara silaturahmi bersama ini akan dilanjutkan dengan acara yang sama bersama guru-guru SMA YPS Soroako siang ini bertempat di Taman Antar Bangsa (TAB), Salonsa. “Setelah bersilaturahmi bersama seluruh siswa pagi ini, maka pihak SMA YPS Soroako juga akan membuat kejutan lainnya siang ini” kata Bapak Darmawangsa selaku coordinator kegiatan.

 

Selamat memasuki masa purnabakti ayahanda Ardias Barah, semoga tetap diberikan kesehatan dan keselamatan dunia dan akhirat. Segala baktimu akan menjadi ladang amal yang kelak insya Allah akan menjadi permaidani surge yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

 

Penulis : A.L

Foto : A.L