Palopo, 8 September 2018. Perhelatan Invitasi Bola Basket (IBB) oleh SMA Negeri 3 Palopo memasuki partai puncak. Tuan rumah SMA Negeri 3 Palopo harus berhadapan dengan tim kuat SMA YPS Soroako di hadapan ratusan penonton yang memadati lapangan basket  SMA Negeri 3 Palopo.

 

Invitasi Bola Basket  SMANET Palopo ke VIII diikuti oleh 18 tim dari SMA se-Luwu Raya antara lain:

  1. SMA Negeri 1 Palopo
  2. SMA Negeri 2 Palopo
  3. SMA Negeri 3 Palopo
  4. MAN Palopo
  5. SMA Negeri 8 Luwu Utara
  6. SMA Negeri 4 Luwu
  7. SMK Negeri 1 Palopo
  8. SMA Negeri 1 Malili
  9. SMA Negeri 5 Palopo
  10. SMA Negeri 2 Luwu
  11. SMA YPS Soroako
  12. SMA Negeri 10 Luwu

 

SMA YPS Soroako bergabung dalam pool D bersama SMAN 5 Palopo, SMAN 2 Luwu dan SMAN 1 Palopo. Dalam partai pertama penyisihan grup D, SMA YPS Soroako membantai SMA Negeri 1 Palopo tim Putih dengan skor 77-0. Pada laga ke dua SMA YPS Soroako membantai SMAN 2 Luwu dengan skor 43-14  dan pada partai ke tiga SMA YPS Soroako kembali membantai SMA Negeri 5 Palopo dengan skor 41-4.

 

Pada partai perempat final, SMA YPS Soroako berhadapan dengan SMP Negeri 1 Palopo. Pertandingan dimenangkan oleh SMA YPS Soroako dengan skor 44-14. Pada babak semifinal SMA YPS Soroako berhadapan SMA Negeri 1 Palopo tim A dengan kembali maraih kemenangan dengan skor 36-28.

 

Pada partai final SMA YPS Soroako harus berhadapan dengan tim tuan rumah SMA Negeri 3 Palopo tim Ungu. Tuan rumah berhasil mengandaskan SMA YPS Sorowako dengan skor 48-46 melalui pertarungan di empat quarter yang menegangkan, di mana kedua tim saling kejar-mengejar angka. Tangis haru menjadi penutup pertandingan saat bel tanda quarter ke-4 berkahir. Dengan hanya tertinggal 1 bola, hal ini memang sangat menyakitkan setelah dalam beberapa quarter sebelumnya SMA YPS sempat unggul bahkan sampai dengan 4 bola.

 

Menurut Bapak Muhammad Rafiuddin, selaku pendamping tim basket SMA YPS Soroako sekaligus sebagai wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, pencapaian ini merupakan pencapaian luar biasa setelah tahun lalu tim basket SMA YPS Soroako juga menjadi juara 2 dalam IBB oleh SMA Negeri  2 Palopo. Saat itu SMA YPS Soroako dikalahkan oleh SMA Negeri 1 Belopa. “Salut atas kerjasama dan semangat yang ditunjukkan oleh anak-anakku, kalian sudah menunjukkan aksi luar biasa dan sekolah sangat mengapresiasi hal ini” tambah beliau.

 

Hal ini menjadi tolok ukur tim basket SMA YPS Soroako yang rencananya pada bulan Februari tahun 2019 akan menggelar event Invitasi Bola Basket ke-4 tingkat SMA/MA/SMK se-Sulawesi Selatan.

 

Berita : A.L

Foto : Arnol