Sorowako, 12 September 2018, SMA YPS Soroako kembali mendapatkan kunjungan dari tim penilai Lomba Sekolah Sehat dan Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. LSSB tahun 2018 ini merupakan program kerja dinas pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan di mana 2 sekolah terpilih tingkat kabupaten/kota akan mewakili kabupaten/kota masing-masing pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Rombongan diterima oleh Kepala SMA YPS Soroako beserta dewan guru, dan pengurus OSIS periode 2018/2019.

 

Acara penyambutan dimeriahkan oleh tari “Pagellu” tari khas Tana Toraja yang dibawakan oleh tim ekskur Tari SMA YPS Soroako. Setelah itu rombongan diarahkan menuju ruang penyambutan untuk mendengarkan presentasi profil SMA YPS Soroako yang dibawakan oleh pengurus OSIS serta menyaksikan video aktivitas sekolah yang dikemas apik oleh tim profil sekolah.

 

Setelah itu, rombongan kemudian meninjau sejumlah fasilitas yang ada di SMA YPS Soroako seperti ruang UKS, ruang PMR, kantin sekolah, ruang-ruang kelas, perpustakaan, apotik  hidup dan berbagai fasilitas lainnya yang menunjang penilaian sekolah sehat dan berprestasi. Tim penilai LSS melakukuan observasi lingkungan sekolah didampingi oleh Kepala SMA YPS Soroako dan wakil-wakil kepala sekolah dalam lingkup SMA YPS Soroako.

 

Kedatangan tim LSS tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018 ini terkesan mendadak karena info kedatangan baru disampaikan ke sekolah pada tanggal 10 September 2018. Namun hal ini tidak membuat semangat tim SMA YPS kendor untuk melakukan yang terbaik dalam lomba sekolah sehat kali ini. SMA YPS Soroako telah terbiasa dengan kunjungan-kunjungan penilaian tingkat provinsi akhir-akhir ini karena pada bulan Mei 2018 SMA YPS juga kedatangan tim penilai LSS tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh KESRA, dan pada bulan Agustus yang lalu, SMA YPS Soroako juga mendapatkan kunjungan dari tim akreditasi sekolah tahun 2018.

 

Menurut ketua tim penilai LSSB, Bapak Mustakim, S.Pd., M.Pd., LSSB tingkat provinsi Sulawesi Selatan ini akan memilih 5 sekolah terbaik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Lima sekolah ini kemudian kembali akan dilakukan assesment oleh tim khusus untuk menentukan juara tingkat provinsi yang akan mewakili Sulawesi Selatan pada tingkat nasional. “ SMA YPS Soroako saya kira memiliki peluang yang besar untuk maju ketahapan berikutnya dan apa yang kami lihat di sini (SMA YPS Soroako) sangat berbeda dengan beberapa sekolah yang telah kami kunjungi. Fasilitas di sekolah ini sangat lengkap, lingkungan yang sangat asri dan sangat layak untuk mewakili Luwu Timur di tingkat provinsi”. tambah beliau.

 

Senada dengan itu Bapak  A. Razak, S.Sos.,M.Si dan Bapak Jamsra Indra yang juga merupakan tim penilai LSSB mengatakan bahwa SMA YPS Soroako sudah sangat ideal untuk dijadikan sebagai sekolah contoh khsusnya untuk wilayah Sulawesi Selatan dalam hal kebersihan, keindahan dan prestasi sekolah.

 

Bapak Mahmuddin selaku kepala SMA YPS Soroako sangat berterima kasih kepada seluruh keluarga besar SMA YPS Soroako yang selama ini sudah saling bekerjasama dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat yang merupakan salah satu dari goal Sekum YPS. “sekolah bersih karena kita semua mau peduli dan mau turun tangan, terima kasih tim SMA YPS khususnya kepada seluruh siswa yang telah menunjukkan perilaku bersih dan sehat dan smeoga ke depan apa yang telah kita tanamkan hari ni akan berdampak kepada masa depan kita nantinya”.

 

Sukses kepada SMA YPS Soroako, semoga bisa mewakili provinsi Sulawesi Selatan ke tingkat Nasional.

 

Berita oleh : A.L

Foto : A.L