Tahapan pelaksanaan Ujian Sekolah SMA YPS Soroako tahun pelajaran 2019/2020 telah dimulai sejak bulan Januari 2020, yaitu pelaksanaan ujian praktik bagi mata pelajaran praktik seperti PJOK, Seni Budaya, serta Prakarya dan Kewirausahaan. Begitu pula pengumpulan portofolio pada semua pelajaran yang menerapkan penilaian portofolio. Sedangkan Ujian Tertulis dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 9 Maret 2020 dengan menggunakan sistem Computer Based Test  sehingga disebut juga Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Pelaksanaan ujian tertulis diperuntukkan bagi semua kelompok mata pelajaran wajib (kecuali 3 mata pelajaran praktik), mata pelajaran peminatan, dan mata pelajaran lintas minat.

 

USBK diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang terdiri atas peminatan MIPA 91 orang dan IPS 76 orang. Namun dalam laporan panitia pelaksana, sebanyak 8 orang siswa akan mengikuti ujian susulan disebabkan karena ketidakhadiran pada salah satu atau beberapa sesi ujian. Menurut Ibu Wiwik sebagai sekretaris panitia terdapat 3 penyebab siswa harus dijadwalkan mengikuti ujian susulan, yaitu sakit, datang terlambat, serta melanggar peraturan ujian sehingga dikeluarkan pengawas. Dalam USBK 2020 ini memang sekolah memberi perhatian terhadap peningkatan integritas ujian, sehingga siswa peserta USBK yang tidak memenuhi standar prosedur ujian akan didiskualifikasi pada sesi ujian. Begitu pula siswa yang memperoleh nilai akhir ujian sekolah yang tidak mencapai standar kelulusan, akan dijadwalkan mengikuti ujian perbaikan. Oleh karena itu, dari awal sekolah sudah menyiapkan skenario ujian susulan dan ujian perbaikan bagi siswa peserta ujian sekolah.

 

Pelaksanaan US SMA YPS Soroako mengacu kepada Permendikbud No. 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Serta diperkuat oleh Surat Edaran Mendikbut Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Selanjutnya SMA YPS Soroako secara internal menindaklanjuti dengan menyusun Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2019/2020.