Wabah Novel Virus Corona 2019 (covid-19) benar-benar membuat seluruh dunia waspada tak terkecuali Soroako dan Yayasan Pendidikan Soroako. Betapa tidak, YPS yang berada di bawah naungan PT. Vale Indonesia Tbk. dan peserta didiknya lebih dari 85% merupaka putra/putri karyawan PT. Vale Indonesia. Selama ini, protokol pencegahan covid-19  merujuk pada memo Emergency Management Team (EMT) PT. Vale Indonesia di mana tim ini juga merefer pada protokol WHO dan Kementerian kesehatan Republik Indonesia. Dengan perkembangan situasi penyebaran covid-19, maka pengurus YPS menganggap sangat penting mengambil langkah preventif guna melindungi semua Guru, dosen, pegawai, peserta didik, dan mahasiswa di lingkungan YPS dengan tetap mengacu pada Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. 

 

Sehubungan dengan itu diterbitkan memorandum di mana secara umum memutuskan proses pembelajaran formal di sekolah dialihkan ke pembelajaran online di rumah. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai dua target yaitu meminimalisir kontak fisik antara peserta didik dengan orang lain dan dunia luar serta menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan bugar dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang, berolahraga, dan beristirahat yang cukup. Memorandum ini berlaku tanggal 18 s.d. 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi sesuai perkembangan situasi yang ada. 

 

Menindaklanjuti kebijakan ini Kepala SMA YPS Soroako telah menyiapkan antisipasi pembelajaran online kepada semua Guru dan Peserta Didik dengan memanfaatkan aplikasi Google for Education domain YPS. Seluruh siswa telah diibuatkan akun email pada domain @sma.yps.sch.id yang akan digunakan dalam mengakses aplikasi pembelajaran berbasis online dan memudahkan memantau aktivitas belajar siswa secara online. Di samping itu, beberapa guru juga telah menyiapkan chanel youtube dan beberapa aplikasi pendukung untuk memfasilitasi belajar siswa di rumah. Semoga situasi ini segera membaik dan semua civitias sekolah senantiasi mendapat perlindungan dari Allah Swt.