Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA YPS Soroako tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai pendaftarannya pada hari ini Selasa (24 Maret 2020). Proses pendaftaran calon peserta didik yang diselenggarakan secara online ini akan berlangsung selama 2 pekan yakni sampai dengan tanggal 6 April 2020. 

 

Pada PPDB Tahun pelajaran 2020/2021 ini, SMA YPS Soroako akan menerima 6 rombongan belajar dengan total kuota 192 orang peserta didik. Adapun rincian kuota tersebut sebagai berikut:

  1. 80% dari daya tampung diperuntukkan bagi anak pekerja PT Vale dan anak pegawai YPS (Hiring Area lokal dan Hiring Area luar/out site). 
  2. 5% dari daya tampung diperuntukkan bagi jalur prestasi (khusus untuk SMP dan SMA) dengan rincian: (a.) Anak pekerja PT Vale dan anak pegawai YPS yang berprestasi; (b). Anak masyarakat lokal terdampak yang berprestasi alumni dari sekolah-sekolah di 4 (empat) wilayah pemberdayaan PT Vale; (c) Anak masyarakat umum yang berprestasi alumni dari sekolah-sekolah di 4 (empat) wilayah pemberdayaan PT Vale.   Adapun kriteria prestasi yang dimaksud adalah prestasi akademik minimal juara 1/2/3 (atau medali emas/perak/perunggu)  tingkat provinsi pada lomba: OSN, INAICTA, IMSO, LCEN, LPIR, LKIR, NYIA atau prestasi non-akademik minimal juara 1/2/3 (atau medali emas/perak/perunggu) tingkat provinsi pada lomba: FLS2N, O2SN, Kejurda/Kejurnas Pelajar (Karate, Taekwondo, Renang). Serta nilai rata-rata rapor 5 (lima) semester terakhir minimum 6,00 (rata-rata nilai rapor kelas VII, VIII, dan kelas IX semester ganjil).
  3. 15%  dari daya tampung diperuntukkan bagi calon peserta didik anak Masyarakat Lokal Terdampak (MLT).

 

Adapun kriteria calon peserta didik yang akan diterima sebagai berikut:

  1. Anak pekerja PT Vale, anak pegawai YPS, anak masyarakat lokal terdampak, atau anak masyarakat umum yang berprestasi dari sekolah-sekolah di 4 wilayah pemberdayaan PT Vale.
  2. Lulusan dari SMP/MTs dan yang sederajat.
  3. Lulus seleksi administrasi.
  4. Lulus tes akademik (untuk anak pekerja PT Vale, anak pegawai YPS, atau anak masyarakat lokal terdampak), atau lulus seleksi portofolio (untuk anak berprestasi).

 

Syarat Pendaftaran

Berhubung proses pendaftaran dilakukan secara online, maka calon pendaftar diharapkan telah menyiapkan semua kelengkapan di bawah ini sebelum memulai proses pendaftaran.

  1. Calon atau orang tua calon harus memiliki Akun Google atau alamat email (xxxx@gmail.com) yang masih aktif untuk bisa melakukan pendaftaran online.
  2. Membuka dan mengisi formulir pendaftaran  secara lengkap dan sesuai.   
  3. Mengunggah file hasil scan/foto sisi depan KTP orangtua.
  4. Mengunggah file hasil scan/foto kartu keluarga.
  5. Mengunggah file hasil scan/foto akta kelahiran.
  6. Mengunggah foto calon peserta didik (foto berwarna setengah badan/close-up, warna latar foto dan baju bebas).
  7. Mengunggah file hasil scan/foto sisi depan Badge Number/No. Pegawai orangtua (Khusus anak Karyawan PT. Vale dan pegawai  YPS).
  8. Mengunggah file hasil scan/foto surat rekomendasi dapat mengikuti kelas reguler dari pusat terapi (khusus untuk calon peserta didik Anak Berkebutuhan Khusus).
  9. Mengunggah file hasil scan/foto surat keterangan yang telah diverifikasi oleh ExtRel Vale (khusus untuk Masyarakat Lokal Terdampak).
  10. Mengunggah file hasil scan/foto sertifikat/piagam dan foto piala/trofi/medali (khusus jalur prestasi).
  11. Mengunggah file hasil scan/foto surat keterangan berprestasi dan perhitungan rata-rata nilai rapor dari sekolah asal dan melampirkan fotokopi rapor 5 semester terakhir dan menunjukkan aslinya (khusus jalur prestasi). 

 

PILIHAN WARNA FORMULIR PENDAFTARAN

Guna mengklasifikasi pendaftar ke dalam jalur kuota, maka calon pendaftar disilahkan memilih jenis formulir sebagai berikut:

  1. Formulir Merah: diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orangtuanya Karyawan Vale atau Pegawai YPS  Hiring Area  Lokal (daerah/wilayah perekrutan Sorowako, Wawondula, Wasuponda, dan Malili).
  2. Formulir Biru: diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orangtuanya Karyawan Vale atau Pegawai YPS  Hiring Area luar (outsite).
  3. Formulir Kuning: diperuntukkan bagi calon peserta didik Masyarakat Lokal Terdampak (MLT) KWAS dan PASITABE.
  4. Formulir Hijau: diperuntukkan bagi calon peserta didik  berprestasi alumni sekolah di empat wilayah pemberdayaan PT Vale  (siswa berprestasi minimal juara 3 atau medali perunggu lomba tingkat provinsi: OSN, INAICTA, IMSO, LCEN, LPIR, LKIR, NYIA, O2SN, FLS2N, Kejurda/Kejurnas Pelajar (Karate, Taekwondo, Renang), dengan nilai rata-rata rapor minimal 60 (skala 100).  

 

Informasi lengkap tentang PPDB SMA YPS Soroako tahun pelajaran 2020/2021 dan Sekolah Umum YPS juga dapat dilihat pada link download