Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menetapkan jadwal pengumuman kelulusan siswa kelas XII dilakukan secara nasional pada tanggal 2 Mei 2020. Dengan kondisi lingkungan yang masih dalam situasi Pandemi Covid-19, Yayasan Pendidikan Sorowako telah memberlakukan kebijakan belajar di rumah (home learning) bagi seluruh peserta didik sekolah umum YPS serta bekerja dari rumah (home office) bagi seluruh Guru dan Pegawai Sekolah Umum YPS. Kebijakan ini telah diperpanjang sebanyak 4 kali hingga 29 Mei 2020 sebagai upaya melindungi seluruh siswa dan karyawan YPS dari penyebaran Coviid-19. 

Sehubungan dengan kebijakan ini hampir semua kegiatan sekolah dilakukan secara online dan softcopy, proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar, pelayanan administrasi sekolah. Dalam situasi penerapan social distancing, setelah mempertimbangkan berbagai peluang dan tantangan serta kebermaknaan kelulusan sekolah maka pimpinan sekolah memutuskan pelaksanaan penamatan dan pengumuman kelulusan diselenggarakan melalui video conference. Aplikasi Google Meet menjadi pilihan penggunaan karena telah menjadi familiar dalam pembelajaran baik bagi Guru maupun semua siswa.

Dalam pelaksanaannya prosesi penamatan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2020 dan bertepatan dengan hari pendidikan nasional ini dihadiri oleh seluruh siswa bersama orang tua, Ketua YPS, Direktur Sekolah Umum YPS, Ketua Komite Sekolah, Kepala-kepala Sekolah umum YPS, serta semua tim Guru dan Pegawai SMA YPS Soroako. Dalam catatan Gridview meet tampak peserta terbanyak menembus angka 202 orang. Proses video conference penamatan dikendalikan oleh co-host Pak Elisman dan Pak Irsan serta dipandu oleh Pak Darmawangsa sebagai moderator.

Prosesi penamatan berlangsung hikmat dan mengharukan. Ketua YPS Bapak A. Eko Nugroho dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian prestasi siswa menembus perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, dan berpesan kepada siswa agar memilih jurusan dan program studi sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing. Dalam pengantarnya Bapak Eko juga menyampaikan bahwa YPS mencetak sejarah baru di mana untuk pertama kalinya melakukan proses penamatan melalui video conference, hal ini dilakukan semata-mata untuk melindungi semua orang dari pandemi covid-19 dengan tanpa mengurangi kesan dan manfaat yang diharapkan.

Dalam prosesi penamatan sekolah menyampaikan penghargaan terhadap peraih nilai-nilai tertinggi dalam pelaksanaan US-BK serta peraih siswa berprestasi pada kategori akademik, nonakademik, dan karakter/nilai utama sekolah. Pengumuman penghargaan ini masing-masing disampaikan oleh wakasek bidang kurikulum dan wakasek bidang kesiswaan.

Pada tahap akhir proses penamatan Kepala SMA YPS Soroako menyampaikan sambutan penamatan dan pengumuman kelulusan dengan membacakan hasil keputusan rapat Dewan Guru yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah. Dalam sambutannya Bapak Mahmuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh orang tua siswa, Ketua YPS, Tim Guru, seluruh siswa, dan semua pihak yang telah berkolaborasi dengan baik sehingga siswa telah berhasil mencapai perkembangan kompetensi dan prestasi yang luar biasa baik pada tingkat lokal, nasional, dan internasional. Hingga pada tahap akhir seluruh siswa kelas XII berhasil memenuhi kriteria kelulusan dari sekolah tahun pelajaran 2019/2020. Selamat kepada seluruh siswa kelas XII, semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dalam keridhaan-Nya.