Olimpiade Matematika ITS secara konsisten diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika ITS  (HIMATIKA) ITS sebagai salah satu bentuk sarana untuk aktualisasi para peserta didik SD, SMP, dan SMA, dalam menampilkan hasil belajar-mengajar di kelas sekaligus menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan tradisi berprestasi baik di tingkat nasional maupun level internasional. Kegiatan OMITS kini juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mendorong akselerasi kebangkitan bangsa dalam menyiapkan Generasi Emas 100 Tahun Indonesia Merdeka. OMITS merupakan ajang lomba tahunan yang diselenggarakan HIMATIKA ITS baik secara offline maupun online. ITS memberikan fasilitas tes melalui media online untuk memudahkan peserta yang agak kesulitan menjangkau daerah-daerah tempat tes offline.

Tahun ini ada 30 regional yang diberikan kesempatan oleh ITS untuk menjadi tempat penyisihan OMITS ini yakni Medan, Riau, Jambi, Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Solo, Madiun, Bojonegoro, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto, Lamongan, Malang, Pasuruan, Surabaya, Pamekasan, Jember, Banyuwangi, Denpasar, Mataram, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Regional Web (online). Untuk pendaftaran dilakukan mulai tanggal 19 November 2015-19 Januari 2016 di regional masing-masing.

Untuk SMA YPS Soroako sendiri, tahun ini mengikuti di regional Web (online). Regional Web diperuntukkan untuk seluruh siswa dari seluruh Indonesia yang ingin mengikuti tes secara online. Babak penyisihan OMITS baik online maupun offline dilaksanakan serentak pada tanggal 24 Januari 2016 di regional masing-masing. Siswa SMA YPS sebanyak 5 tim yang di bina oleh Tim guru Matematika SMA YPS ini mengerjakan soal-soal tes sebanyak 60 soal secara online mulai pukul 13.00 -18.00 WITA secara berpasangan. Pengumuman hasil tes dilakukan pada tanggal 30 Januari 2016. Adapun hasil penyisihan ini, menyatakan bahwa semua tim  SMA YPS Soroako berhasil menempati peringkat 1 (Muh. Ghalib dan Muh. Irsan), peringkat 2 ( Resa Renaldy dan Alvanya Yostha), peringkat 3 (Nilam Cahaya Nurani dan Naura Alfatiya Arda), peringkat 4 ( Luthfania dan Ayu Wira) dan peringkat 5 ( Aliyah Triana dan Dyah Putri) di regional Web .

Teknis penentuan semifinalis setiap regional adalah dengan mengambil nilai tertinggi di setiap regional. Sehingga, untuk regional Web, maka SMA YPS Soroako diutus untuk mewakili juara regional Web yaitu Muh. Ghalib dan Muh. Irsan untuk mengikuti babak semifinal di Kampus ITS Sukolilo Surabaya pada tanggal 5 Februari 2016 berlomba menghadapi juara-juara di setiap regional dari seluruh indonesia. 

Penulis : Yusriah