Tanggal 2 Mei yang kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional merupakan hari lahir Ki HajarDewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang pemikirannya menjadi benih bertumbuhnya pendidikan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara mengumandangkan pemikirannya tentang pendidikan Indonesia, yaitu Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madya Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani, dan menerapkannya dalam sekolah Taman Siswa. Inisiatif tersebut menjadi awal bentuk reformasi pendidikan di Indonesia.

 

Tiga  semboyan pendidikan yang sangat inspiratif ini adalah modalitas bagi setiap insan pendidik / guru dalam menjalankan fungsi pendidikan dalam berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Yayasan Pendidikan Sorowako.

Semoga peringatan HARDIKNAS ini selanjutnya akan memberikan semangat yang baru untuk berdedikasi dalam menjalankan fungsi sebagai GURU (orang yang ditiru dan di guguh)

Dalam bingkai pikir tersebut diatas, maka HARDIKNAS tahun 2016 kita peringati dengan tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”.

Tema tersebut merupakan seruan bagi kita semua insan pendidik untuk melakukan Reformasi pelayanan yang lebih mengutamakan tugas utama dalam keseharian yakni mendidik, mengajar dan melatih peserta didik menjadi insan yang berkualitas baik dari segi Perilaku, pengetahuan maupun keterampilan, agar peserta didik dapat menyongsong masa depan yang cemerlang....AMIN

 

Salam

Dekker F Rorie  

DIRSEKUM YPS.