Baru-baru ini, tepatnya 28 Oktober 2016, guru bahasa Indonesia SMA YPS Soroako, Tamsiruddin S.Pd., menjadi juara IV dalam lomba penulisan karya tulis ilmiah kebahasaan dan kesastraan tingkat nasional 2016. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Karya tulis dengan judul Penerapan Model Quantum Learning Berbantukan Media Koran dalam Pembelajaran Menulis Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII IPA-2 SMA YPS Soroako dinobatkan sebagai 10 besar karya tulis ilmiah terbaik setelah diseleksi dari 389 karya dari seluruh guru dan pemerhati bahasa Indonesia. Tahap selanjutnya adalah kesepuluh nomine diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya ilmiah yang telah ditulis di depan Juri dan Panitia yang dilaksakan di Sadewa Room, Hotel Bidakara, Jakarta (28/6).

 

Pengumuman lomba dilaksanakan pada acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa ke-88 yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, di Hotel Bidakara Jakarta. Dalam acara tersebut diumumkan sejumlah hasil kegiatan kompetitif kebahasaan dan kesastraan yang melibatkan masyarakat, yaitu (1) Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional, (2)  Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional, (3) Festival Literasi Tingkat Nasional, (4) Debat Bahasa Antarmahasiswa se-Jabodetabek, (5) Sayembara Menulis Surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, (6) Sayembara Penulisan Karya Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, (7) Sayembara Penulisan Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal, dan (8) Penilaian Pengutamaan Penggunaan Bahasa Indonesia di Hotel dan Restoran di Wilayah DKI Jakarta. (MIS)