Siang itu para perwakilan tiap kecamatan bersiap mengikuti agenda Lomba Duta Tingkat SMA/Sederajat se Luwu Timur di Perpustakaan Daerah. Mereka  menunggu kesempatan untuk mempresentasikan kiat-kiat menumbuhkan kebiasaan gemar membaca di kalangan pelajar dan wawasan seputar perpustakaan.

 

Panitia Lomba memberikan kesempatan kepada SMA YPS untuk mempromosikan novel fantasi karya Daru, Takhta Aspertia di lokasi lomba. Sambil menunggu acara dimulai, hadirin menikmati novel karya putra daerah Luwu Timur tersebut. Salah satunya, Bapak Nursidi, Kepala SMA Negeri 1 Wasuponda. Beliau tampak asyik membaca Takhta Aspertia.

 

Akhirnya, kesempatan untuk presentasi tiba. Aizqal Askiya, perwakilan SMA YPS mendapat nomor urut 5 dari 9 peserta. Harusnya ada 11 peserta tapi dua di antaranya, Tomoni dan Tomoni Timur berhalangan hadir.

 

Dalam presentasinya, siswi kelas XI IPA 2 tersebut memaparkan beberapa hal. Pertama, memahami minat baca. Kedua, bagaimana peringkat minat baca Indonesia dalam konteks global. Ketiga, mengapa masyarakat Indonesia belum memiliki kesadaran membaca yang baik. Keempat, apa solusi terkait rendahnya minat baca warga masyarakat. Selain itu, Aizqal memberikan perspektif pribadinya sebagai remaja sehingga materi yang disampaikan lebih mengena ke audiens dan dewan juri.

 

Dalam konteks menumbuhkan minat baca misalnya, Aizqal menyampaikan pentingnya memaksimalkan fungsi keluarga, sekolah, dan masyarakat umum. Sementara dalam hal manfaat membaca, Aizqal menghadirkan fakta bahwa membaca dapat mengasah kemampuan menulis seperti halnya yang berhasil dibuktikan Daru Waskito yang mampu menulis novel setebal 350 halaman dengan memanfaatkan kebiasaan membaca buku-buku sejarah dan ensiklopedia.

 

Penampilan Aizqal berhasil meyakinkan dewan juri. Walhasil, Juara I pun menjadi milik SMA YPS Sorowako. Dengan demikian, Aizqal telah terpilih menjadi Duta Baca untuk kalangan pelajar se Luwu Timur. Panitia memberikan hadiah piala dan uang pembinaan sejumlah Rp. 1.800.000 kepada Aizqal. Satu lagi prestasi literasi berhasil ditorehkan siswa kita!

 

Selamat kepada Aizqal Askiya atas terpilihnya sebagai Duta Baca. Ada amanah besar di pundak Aizqal kini yakni bagaimana mengajak rekan-rekan untuk cinta baca. Semoga tugas ini dapat dijalankan dengan optimal!

[Laporan: Azwar]